Followers

Statistik

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

BILAMANA DIAGNOSIS ORGANISASI DIPERLUKAN

Posted by bojezh Sabtu, 23 April 2011
Klik dan Lihat Gambar!

BILAMANA DIAGNOSIS ORGANISASI DIPERLUKAN

Melalui Diagnosis Organisasi diharapkan rencana tindakan, baik untuk menyelesaikan suatu masalah maupun untuk pengembangan organisasi, dapat dijalankan secara efektif karena keputusan tindakan tersebut didasarkan pada informasi yang lengkap dan akurat mengenai kondisi internal dan eksternal organisasi dan pemahaman mengenai konsekuensi-konsekuensi keputusan yang akan diambil.

Perusahaan perlu melakukan Diagnosis Organisasi terutama apabila:
Terjadi penurunan performasi secara umum di dalam perusahaan.
Perusahaan akan berubah secara drastis, misalnya karena restrukturisasi, pembukaan bidang usaha baru, penggunaan teknologi baru, dan sebagainya.
Organisasi terasa tidak cocok lagi dengan strategi dan sistem manajemen perusahaan, yang ditandai dengan terjadinya kelembatan dalam pengambilan keputusan, diambilnya keputusan-keputusan yang salah dan sering terjadinya konflik diantara anggota atau fungsi-fungsi di dalam organisasi.

Diagnosis Organisasi sebaiknya dilakukan sebelum perusahaan melakukan tindakan-tindakan berikut:
Perumusan/perbaikan strategi perusahaan.
Perumusan/perbaikan struktur organisasi (restrukturisasi).
Perumusan/perbaikan sistem pengaturan sumber daya manusia.
Perumusan/perbaikan Sistem Informasi Manajemen.
Perumusan/perbaikan program pelatihan.
Perumusan/perbaikan prosedur kerja.
Dan tindakan lain yang menyangkut pola umum pengelolaan perusahaan.



PROSES DIAGNOSIS ORGANISASI
Dalam Diagnosis Organisasi terjadi interaksi yang intensif antara pelaksana diagnosis dan klien; klien secara aktif terlibat dalam proses diagnosis, termasuk dalam perumusan permasalahan dan penarikan kesimpulan.
Dasar dari Diagnosis Organisasi adalah teori organisasi dan pengetahuan tentang cara kerja organisasi. Oleh karena itu, pelaksana Diagnosis Organisasi perlu memiliki pengetahuan konseptual dan pengalaman yang luas mengenai organisasi, sehingga mampu menafsirkan dengan tepat fenomena-fenomena yang ditemukan dalam proses diagnosis. Di samping itu, pelaksana Diagnosis Organisasi diharapkan tidak mempunyai kepentingan pribadi dalam organisasi yang didiagnosis, karena jika mempunyai kepentingan akan dapat menghalangi jawaban yang jujur dan terbuka dari anggota organisasi yang lain. Karena persyaratan tersebut, umumnya pelaksana Diagnosis Organisasi adalah pihak lain (konsultan Diagnosis Organisasi), bukan pimpinan organisasi atau pejabat pada suatu fungsi di dalam organisasi.

Diagnosis Organisasi memeriksa gangguan dan hambatan yang terjadi pada proses-proses yang seharusnya berjalan lancar di dalam organisasi yang sehat, seperti proses komunikasi, proses penyelesaian masalah dalam kelompok, proses pembuatan keputusan, proses perencanaan, proses penyelesaian konflik dan sebagainya. Proses diagnosis dimulai dengan mengumpulkan data sekunder dan primer dari pihak-pihak di dalam organisasi dan pihak lain yang mempunyai keterkaitan dengan organisasi tersebut. Pengumpulan data primer umumnya dilakukan melalui wawancara. Pelaksana Diagnosis Organisasi menganalisis data yang terkumpul dan memberinya kerangka konseptual, sehingga fakta-fakta mengenai organisasi dapat digambarkan dan dijelaskan dalam suatu konfigurasi yang logis. Anggota organisasi (pimpinan puncak, manajer dan karyawan) dan pihak luar yang terkait diminta untuk memverifikasi data dan hasil analisias yang dibuat oleh pelaksana diagnosis. Verifikasi pengumpulan data tambahan dan analisis yang lebih dalam, dilakukan berulang-ulang hingga ditemukan suatu kesimpulan yang mewakili keseluruhan fakta mengenai kondisi organisasi yang didiagnosis dan secara konseptual dapat dipertanggungjawabkan. Kesimpulan dari hasil Diagnosis Organisasi dijadikan sebagai cara pandang organisasi mengenai kondisinya saat ini dan digunakan sebagai basis bagi langkah-langkah tindakan. Keefektifan tindakan akan dievaluasi pada proses diagnosis selanjutnya.

Baca juga RAHASIA dibawah ini :



Related Post:

1 Responses to BILAMANA DIAGNOSIS ORGANISASI DIPERLUKAN

  1. mksh blognya sangat bermanfaat

     

Poskan Komentar

BlogRoll

Popular Posts