Followers

Statistik

Diberdayakan oleh Blogger.
Klik dan Lihat Gambar!

Mengapa Lingkungan Organisasi sangat penting?
1.Lingkungan organisasi sangat penting karena mempunyai dampak pada manajemen perusahaan yang diadalamnya dibutuhkan kompetensi dalam menganalisis lingkungan agar manajemen dapat memprediksi dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan tersebut. Pengaruh lingkungan terhadap organisasi dapat dianalisis melalui dua dimensi yaitu dimensi kompleksitas dan dimensi stabilitas.
Dimensi kompleksitas menunjukan keragaman atau banyaknya elemen ekternal yang berpengaruh terhadap berfungsinya suatu organisasi. Sedangkan stabilitas lingkungan menunjukan kerepotan perubahan yang terjadi pada elemen-elemen lingkungan.
Kedua dimensi ini menetukan besarnya tingkat ketidak pastian lingkungan yang dihadapi perusahaan yaitu ketidak pastian lingkungan yang menunjukan suatu kondisi dimana pimpinan perusahaan tidak mempunyai informasi yang cukup mengenai kondisi lingkungannya.

2.Kekuatan kompetitif :
a)Persaingan diantara penjual dalam industri
Persaingan kompetitif di antara anggota industri, dimana perusahaan bersaing secara aktif satu dengan lainnya untuk mencapai daya saing strategis dan laba yang tinggi.

b)Kekuatan yang mendorong munculnya pendatang baru dalam industri
Ancaman dari pendatang baru. Pendatang baru dapat membahayakan perusahaan-perusahaan yang telah ada, karena menghasilkan kapasitas produksi tambahan, dimana kapasitas tambahan ini akan menekan agar biaya bagi pembeli rendah, yang mengakibatkan turunnya penjualan dan laba bagi perusahaan yang ada dalam industri tersebut.

c)Dorongan kekuatan dari perusahaaan lain yang menghasilkan produk substitusi
Ancaman dari produk pengganti.Apabila harga yang ditawarkan produk pengganti tersebut akan lebih murah/rendah dan mutu serta kemampuan kinerja produk pengganti tersebut sama atau melebihi dari produk sebelumnya.

d)Kekuatan tawar-menawar dari para pemasok
Kekuatan tawar menawar dari pemasok. Pemasok merupakan ancaman serius bagi perusahaan-perusahaan, jika berintegrasi ke depan ke arah industri pembeli. Misalnya, produsen pakaian yang memilih untuk membuka toko pakaian sendiri, sehingga menjadi ancaman bagi toko pakaian yang lain, terutama bagi toko yang dulu membeli pakaian dari produsen tersebut.

e)Kekuatan tawar-menawar dari pembeli.
Kekuatan tawar menawar dari pembeli, dimana pembeli lebih suka membeli produk dengan harga serendah mungkin. Hal ini mengakibatkan industri dapat memperoleh pengembalian ( laba ) serendah mungkin.

3.Proses Manajemen yang berkaitan dengan kegiatan :
a)Perencanaan dan pengambilan keputusan
Perncanaan pada dasarnya sangat memprioritaskan strategi dalam mengantisipasi keadaan dan kejadia dimasa depan, serta menetukan sejumlah tindakan dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Sebuah perencanaan bisa disebut efektif apabila perencanaan tersebut mampu memperjelas visi organisasi, menghindari kesalahan fatal, dan mampu meraih peluang yang ada. Dalam pengambilan keputusan perlu mengidentifikasi dan menganalisis masalah, mengidentifikasi criteria keputusan, mempertimbangkan criteria, mengembangkan alternatif, membandingkan dan mengevaluasi semua alternatif pemecahan, menilai resikonya dan memilih alternatif terbaik. Contohnya manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

b)Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah suatu sistem kerja sama sekelompok orang yang dilakukan dengan pembidangan dan pembagian seluruh pekerjaan atau tugas dengan membentuk sejumlah satuan kerja yang menghimpun pekerjaan sejenis dalam satu unit kerja. Contohnya asas kejelasan, tujuan, pembagian kerja, kesatuan perintah, asas fleksibilitas organisasi dan asas fungsional.

c)Kepemimpinan pengendalian
Kepemimpinan adalah suatu proses memotifasi pihak lain untuk bekerja sesuai tujuan tertentu. Hal ini menyangkut kemampuan dalam mempengaruhi perilaku orang lain untuk bertindak sesuai yang diharapkan. Contohnya penampilan fisik, kecerdasan, dan kemampuan bicara didepan umum.

Baca juga RAHASIA dibawah ini :



Related Post:

0 comments

Poskan Komentar

BlogRoll

Popular Posts